Masih Banyak Gajah Bermain di Samping Jalan Tol Pekanbaru-Dumai

Presiden Jokowi melihat gajah yang tengah bermain disamping jalan tol Pekanbaru-Dumai, tepatnya di sebuah terowongan perlintasan gajah di kilometer 12.(twt:@jokowi)

PEKANBARU – Inisiatif dari pengembang jalan Tol Pekanbaru-Dumai untuk tetap memelihara kelestarian satwa liar, meskipun sebagian habitat mereka dipakai membangun jalan tol, pantas diacungi jempol.

Ini menyusul pembangunan sedikitnya enam terowongan untuk tempat perlintasan gajah. Sehingga kelangsungan hidup satwa liar tersebut tetap terjaga dengan baik.

Kehadiran gajah-gajah itu pun, yang sering bermain di samping jalan tol Pekanbaru-Dumai, menjadi pemandangan menarik.

Bahkan Presiden Jokowi menyempatkan waktu untuk berhenti di sebuah terowongan tepatnya di kilometer 12 sambil melihat gajah-gajah bermain.

“Tepat di titik KM 12 jalan tol ada terowongan yang memang dibuat untuk perlintasan gajah. Ada enam perlintasan seperti ini di ruas tol Pekanbaru-Dumai,” kata Jokowi pada akun twiternya @jokowi, Kamis (05/01/2023).

Menurut Jokowi, terowongan gajah dibangun karena jalan tol Pekanbaru-Dumai membelah habitat gajah di 2 kota dan 2 kabupaten yang dihuni setidaknya 76 ekor gajah Sumatra.

“Pembangunan infrastruktur di Tanah Air harus tetap memperhatikan kelestarian lingkungan dan menjamin kelangsungan hidup satwa liar,” kata Jokowi.

Diketahui, pada kunjungan ke Pekanbaru sejak Rabu (04/01/2023), Presiden Jokowi meresmikan ruas Jalan Tol Pekanbaru-Padang seksi Pekanbaru-Bangkinang sepanjang 30,9 km.

Presiden Jokowi saat meresmikan ruas Jalan Tol Pekanbaru-Padang seksi Pekanbaru-Bangkinang sepanjang 30,9 km, Rabu (04/01/2023).(twt@jokowi)

Nantinya, jalan tol yang termasuk dalam koridor pendukung Trans Sumatera ini akan tersambung dengan Lingkar Pekanbaru menuju Padang.

“Kita harapkan dengan jalan tol yang ada ini kecepatan mobilitas orang, barang, dan jasa semakin baik, sehingga menumbuhkan daya saing produk-produk yang ada di Provinsi Riau,” kata Jokowi.

Dalam kunjungan tersebut, Presiden Jokowi turut mendampingi Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri BUMN Erick Thohir, Sekretaris Militer Presiden Laksda TNI Hersan, Komandan Paspampres Marsda TNI Wahju Hidajat Soedjatmiko, dan Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin.(sub)

BAGIKAN