Mau Turunkan Berat Badan dengan Cepat? Coba Konsumsi 5 Rempah Berikut Ini

Ilustrasi rempah.

REMPAH-rempah tak hanya memiliki manfaat untuk penyedap masakan, tapi juga untuk kesehatan. Berikut ada lima jenis rempah yang menurut hasil penelitian, bermanfaat untuk menurunkan berat badan dengan cepat.

1. Jahe

Sama seperti kunyit, jahe juga umum ditemui di Indonesia. Biasanya digunakan sebagai rempah bumbu masakan. Karena jahe memiliki aroma dan rasa yang kuat, rimpang ini kerap digunakan untuk menghilangkan aroma amis pada olahan daging atau seafood.

Di Indonesia, jahe juga digunakan sebagai minuman penghangat tubuh. Kerap dikenal dengan sebutan wedang jahe. Tak hanya menghangatkan, wedang jahe juga dapat meredakan flu dan batuk.

Ternyata jahe juga baik dikonsumsi saat diet. Disebutkan kalau jahe membantu mengurangi nafsu makan dan meningkatkan penyerapan lemak. Kamu bisa mengonsumsinya rutin dengan menjadikannya teh jahe.

2. Kunyit

Kunyit merupakan rempah yang mudah ditemui di Indonesia. Kamu bisa menemukan kunyit dalam kondisi segar di pasar. Bahkan, sebagian orang Indonesia menanamnya sendiri.

Biasanya kunyit dimanfaatkan sebagai rempah bumbu masakan. Seperti bumbu gulai, bumbu ungkep, dan lainnya. Kunyit juga kerap dijadikan jamu sebagai obat herbal.

Salah satu manfaatnya dapat menurunkan berat badan karena adanya kandungan kurkumin. Zat tersebut dapat meningkatkan metabolisme dan meningkatkan sistem pencernaan.

3. Kayu Manis

Kayu manis juga kerap digunakan untuk menambah aroma sedap pada masakan. Tak hanya masakan, kayu manis dalam bentuk bubuk sering digunakan pada racikan roti maupun minuman manis.

Ternyata, rempah beraroma harum ini juga memiliki manfaat yang baik untuk tubuh. Di dalamnya mengandung zat anti inflamasi dan antioksidan yang tinggi.

Kandunga tersebut membuat kayu manis memiliki peran dalam meningkatkan metabolisme tubuh. Dengan demikian, kayu manis membantu dalam meningkatkan proses pembakaran lemak. Kamu bisa menambahkan sejumput kayu manis bubuk ke dalam teh atau kopi dan konsumsi saat sarapan.

4. Jintan Putih

Jintan putih yang biasa disebut jinten di Indonesia ini juga umum digunakan pada masakan Indonesia. Karena dapat memberikan aroma sedap, jintan putih sering ditambahkan sebagai bumbu soto, opor ayam, hingga gulai.
Selain menjadi makanan lebih sedap, jintan putih juga memiliki manfaat yang baik untuk tubuh. Menurut sebuah penelitian, konsumsi jintan putih membantu membakar lemak tubuh 3 kali lipat dan menyehatkan pencernaan.

Untuk mengonsumsinya, kamu bisa meraciknya menjadi minuman. Caranya dengan merendam satu sendok biji jintan putih dalam air semalaman, kemudian air tersebut dihangatkan dan dikonsumsi pada pagi hari.

5. Lada Hitam

Lada hitam biasanya ditambahkan pada masakan untuk menambah cita rasa agak pedas. Kerap diolah bersama seafood maupun steak. Tak hanya enak, lada hitam juga bermanfaat untuk tubuh.

Dilansir dari India Today (3/3/2018), lada hitam kaya akan vitamin A, C, dan K. Serta mengandung mineral dan asam lemak sehat yang bekerja sebagai penguat metabolisme alami yang dapat mempercepat proses pembakaran lemak.
(bfox.co.id)

BAGIKAN