Mengenal Mata Uang Crypto dan Cara Kerjanya!

Mata Uang Crypto
freepik.com

MATA uang crypto merupakan jenis mata uang yang kini sedang populer. Aset digital ini dirancang sebagai media atau alat tukar menukar dengan memakai kriptografi yang kuat. Dengan begitu, transaksi keuangan bisa menjadi lebih aman.

Kripto menjadi aset digital yang kini sudah bukan hal yang asing lagi. Terlebih bagi Anda yang setiap harinya bergelut dalam dunia trading atau investasi. Aset kripto bukan hal yang asing.

Mata Uang Crypto
freepik.com

Pengertian Mata uang Crypto

Sederhananya, mata uang kripto merupakan mata uang digital yang didalamnya terdapat sandi-sandi rahasia yang begitu rumit. Fungsi sandi yang rumit itu tak lain untuk melindungi serta menjaga keamanan mata uang digital ini.

Perlu Anda pahami juga, jika mata uang kripto adalah mata uang digital yang sudah dijamin dengan kriptografi. Hal inilah yang menjadikannya hampir tidak bisa untuk dipalsukan atau dibelanjakan secara ganda.

Nah, kriptografi ini termasuk suatu metode yang dipakai untuk melindungi informasi serta saluran komunikasi lewat pemakaian kode.

Cara Kerja Cryptocurrency dan Peredarannya

Perlu Anda tahu, peredaran uang kripto sebenarnya tidak hanya dikendalikan oleh satu perusahaan atau lembaga bank tertentu saja. Akan tetapi, peredarannya bisa dikendalikan dengan server yang terpencar.

Jadi, bisa diartikan jika sifat uang kripto ini merupakan desentralisasi. Sehingga, tidak ada satupun pihak yang dapat dijadikan sebagai perantara pada saat transaksi.

Berbeda dengan uang kertas pada umumnya, mata uang kripto ini tidak berbentuk fisik dan letaknya pun juga ada di internet. Mata uang ini nantinya akan tersimpan dalam jaringan blockchain.

Blockchain dalam uang kripto merupakan suatu sistem yang mengatur serta mengelola data transaksi mata uang digital yang tidak ada pengelolaan dari pihak ketiga seperti bank.

Kripto merupakan aset digital yang tidak dikeluarkan oleh otoritas pusat mana saja. Sehingga, kripto dinilai kebal dengan campur tangan atau manipulasi pemerintah. Maka dari itulah, pengelola uang kripto ini adalah penggunanya sendiri dengan melalui internet.

Walaupun begitu, perlu ditegaskan kembali jika transaksi dengan menggunakan sistem blockchain terbuka dan bebas.

Jenis mata uang crypto yang populer yaitu seperti Bitcoin, Ethereum, Binance Coin, dan lain sebagainya. (*)

BAGIKAN