TEKNOLOGI yang berkembang pesat di era digital ini membuat banyak aktivitas bisa dilakukan dengan lebih praktis, yaitu secara online. Perkembangan teknologi ini juga berdampak besar bagi perkembangan bisnis. Bagi Anda pelaku UMKM, Anda harus tahu strategi UMKM di era digital ini.
Untuk menjalankan bisnis kecil atau rumahan yang termasuk UMKM, Anda harus mempersiapkan strategi dengan matang agar bisnis bisa menjadi lebih maju. Jika bisnis yang kita jalankan tidak menyesuaikan dengan perkembangan zaman, maka bisnis akan sulit maju.

Strategi UMKM di Era Digital, Simak!
Di era digital yang serba cepat ini, para pelaku bisnis UMKM Harus bisa bertindak cepat supaya bisa menjadi lebih unggul dan mampu bersaing dengan para kompetitor. Maka dari itu, pelaku bisnis harus selalu tanggap cepat dengan perubahan.
1. Pertimbangkan Produk yang Akan Dijual
Strategi UMKM di era digital pertama yaitu dengan mempertimbangkan produk yang hendak dijual. pelaku bisnis harus kreatif dan inovatif dalam memilih produk. Sebab, itu akan menentukan kesuksesan bisnis Anda.
Jika Anda memilih bisnis fashion, pastikan Anda memilih produk fashion yang sedang tren. Kemudian, jika Anda memilih membuka bisnis kuliner, pastikan Anda menjual kuliner yang menarik, enak, dan bervariasi.
Hal itulah yang akan menentukan banyak atau tidaknya pelanggan yang minat dengan bisnis yang kita jalankan.
2. Mempelajari dan Menentukan Target Pasar
Sebelum membuka bisnis, pastikan Anda mempelajari dan menentukan siapa target pasar yang akan Anda sasar. Setelah Anda bisa menemukan siapa target konsumen atau pelanggan, kini saatnya Anda mencari tahu apa kebutuhan mereka.
Caranya bisa Anda lakukan dengan cara melakukan reset atau melalui kegiatan lainnya yang bisa membantu Anda dalam mengetahui kebutuhan para konsumen.
3. Tingkatkan Performa Pemasaran Online
Menjalankan bisnis UMKM di era digital pastinya akan efektif jika menggunakan strategi pemasaran yang baik. Maka dari itu, cobalah untuk melakukan pemasaran online dalam mempromosikan bisnis Anda.
Dengan melakukan pemasaran secara online, maka target konsumen yang Anda dapatkan bisa menjadi lebih meluas lagi.
Mengetahui, saat ini banyak orang yang lebih memilih mencari informasi tentang bisnis di internet daripada secara offline.
Maka dari itu, cobalah untuk memanfaatkan perkembangan teknologi ini untuk membangun strategi UMKM di era digital agar bisa berkembang yang lebih maju. (*)