Tekan Inflasi, Presiden Ajak Kepala Daerah Banyak Turun ke Pasar

Presiden Joko Widodo saat menghadiri Rakornas Forkopimda Se-Indonesia, di Sentul International Convention Centre (SICC), Bogor, Selasa (17/01/2023).(twt:@jokowi)

JAKARTA – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengajak para kepala daerah bersama Bank Indonesia untuk bekerja keras menangani inflasi. Sebab inflasi telah menjadi momok bagi semua negara di situasi sulit tahun 2023 ini.

Demikian salah satu poin penting yang disampaikan Presiden Jokowi pada Pembukaan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kepala Daerah dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Se-Indonesia, di Sentul International Convention Centre (SICC), Bogor, Selasa (17/01/2023).

“Saat inflasi menjadi momok semua negara dalam situasi sulit saat ini, kita bersyukur bahwa inflasi kita terakhir 5,5 %. Pada Rakornas Kepala Daerah dan Forkopimda Se-Indonesia hari ini, saya mengajak para kepala daerah dan Bank Indonesia untuk bekerja keras menangani inflasi ini,” kata Jokowi seperti dilansir Express.co.id dari akun twitternya @jokowi.

Yang menggugah, Presiden bahkan menyentil kenaikan harga kebutuhan pokok. Saat ini, kata orang nomor satu Indonesia ini, harga beras naik tidak sedikit di 79 daerah. Berikut harga telur naik di 89 daerah, tomat naik di 82 daerah, dan daging ayam ras naik di 75 daerah.

“Tolong para bupati, wali kota, gubernur sering-sering masuk pasar dan cek, apakah data itu sesuai dengan fakta di lapangan,” pesan dia.

Selain itu, Presiden Jokowi juga meminta para kepala daerah berhati-hati menentukan tarif yang menjadi kewenangan pemerintah daerah, misalnya tarif air dan angkutan. Penyesuaian tarif harus dihitung secara tepat karena berpotensi menaikkan tingkat inflasi di daerah tersebut.(*)

BAGIKAN